Jangan Sembarangan, Ledakan Balon Ternyata Bisa Mengganggu Pendengaran

Ketika berada di pesta ataupun acara-acara tertentu, kami tentu sering menemukan balon menjadi salah 1 aksesoris yang memeriahkan acara itu. Kadang kala ada orang yang iseng meledakkan balon itu supaya dapat mengejutkan orang. Walaupun tampak menjadi sebuah guyonan yang seru, berdasarkan ahli kesehatan, suara ledakan balon faktanya dapat memicu gangguan pendengaran. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Fakta mengejutkan ini di dapatkan dari penelitian yang di lakukan oleh ahli kesehatan dari the University of Alberta, di Kanada. Para ahli kesehatan ini mencoba untuk mencari tahu seberapa kuat bunyi dari ledakan balon. Dalam meledakkan sebuah balon ini, mereka pun juga melakukannya dengan 3 cara yang bertentangan, yaitu dengan meniupnya sampai pecah, menekannya sampai pecah, serta meledakkannya dengan jarum. Para ahli kesehatan sendiri melakukannya dengan memakai pelindung telinga, mikrofon bertekanan tinggi, serta pun juga pre-amplifier.

Setelah meledakkan balon dengan 3 cara ini, di ketahui bahwa suara balon yang di ledakkan dengan cara meniupnya sampai pecah dapat mencapai sekitar 168 desibel. Angka ini ada 4 desibel lebih tinggi kalau dibanding dengan suara senapan 12-gauge. Sementara itu, 2 cara meledakkan balon yang lain cuma menyebabkan suara ledakan yang lebih rendah, tapi masih saja hal ini dapat membuat gangguan untuk pendengaran kami.

Bill Hodgetts, salah seorang ahli kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kalau adanya fakta ini membuat kami sebaiknya tak bermain-main dengan ledakan balon ataupun sengaja meledakkannya didekat telinga orang lain sebab hendak mengerjainya. Menjadi , tingkat suara paling penuh yang di anggap aman untuk pendengaran manusia yakni 140 desibel saja, cukup jauh lebih rendah dari suara yang dikarenakan oleh ledakan balon. Supaya keamanan pendengaran, ada baiknya memang kami tak sembarangan meledakkan balon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *